Berita  

Inilah Lima Negara Pengekspor Senjata Terbesar di Dunia, Termasuk Amerika Serikat

Inilah Lima Negara Pengekspor Senjata Terbesar di Dunia, Termasuk Amerika Serikat

Kamis, 28 Desember 2023 – 05:05 WIB

Jakarta – Ada beberapa negara yang melakukan ekspor senjata secara besar-besaran, seperti Amerika Serikat. Negara tersebut dikenal dengan teknologi senjata terkuat di dunia.

Selain itu, Amerika Serikat juga melakukan ekspor senjata secara besar-besaran ke Israel untuk melakukan penindasan terhadap warga Palestina. Berikut adalah beberapa negara dengan ekspor senjata terbesar di dunia, seperti dilansir dari The Global Economy pada Kamis, 28 Desember 2023.

1. Amerika Serikat
Amerika Serikat menjadi negara pertama yang melakukan ekspor senjata secara besar-besaran ke beberapa negara, termasuk Israel. Sejak tahun 1960 hingga 2022, Amerika Serikat telah menghasilkan 14,5 miliar dolar atau setara dengan Rp223 triliun. Amerika Serikat juga merupakan negara dengan kekuatan militer paling kuat di dunia, sehingga tidak heran jika banyak negara tertarik untuk membeli senjata buatan Amerika Serikat.

2. Prancis
Prancis menjadi negara kedua dengan ekspor senjata ke berbagai negara. Negara ini telah menghasilkan 3 miliar dolar atau setara dengan Rp46 triliun sejak pertama kali melakukan ekspor pada tahun 1960 hingga 2022. Selain itu, Prancis juga memiliki kekuatan militer yang cukup ditakuti di dunia.

3. Rusia
Rusia kini menempati urutan ketiga sebagai negara dengan ekspor senjata terbesar di dunia. Seperti Amerika Serikat, Rusia juga memiliki peralatan tempur yang sangat canggih. Sejauh ini, Rusia telah menghasilkan 2,8 miliar dolar atau setara dengan Rp43 triliun sejak memulai ekspor pada tahun 1992.

4. China
China juga memiliki perlengkapan militer yang canggih sehingga mampu mengekspor senjata dengan jumlah yang cukup besar hingga meraih keuntungan sebesar 2 miliar dolar atau setara dengan Rp30 triliun.

5. Italia
Meskipun jarang ada informasi mengenai kekuatan militer Italia, negara ini telah menghasilkan 1,8 miliar dolar atau setara dengan Rp27 triliun. Siapa sangka Italia masuk dalam daftar negara dengan pemasok senjata terbesar di dunia.

Sumber: AP Photo/Christophe Ena.

Exit mobile version