Berita  

Kementerian Kelautan dan Perikanan Mengungkap Modus Penyelundupan Ratusan Juta Benih Bening Lobster ke Vietnam

Kementerian Kelautan dan Perikanan Mengungkap Modus Penyelundupan Ratusan Juta Benih Bening Lobster ke Vietnam

Senin, 4 Desember 2023 – 20:30 WIB

Jakarta – Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) di Kementerian Kelautan dan Perikatan (KKP) Laksamana Muda TNI, Adin Nurawaluddin, memperkirakan 600 juta benih bening lobster (BBL) asal Indonesia bocor ke Vietnam.

“BBL penyelundupan terbesar saat ini terjadi ke negara Vietnam, dapat dilakukan baik melalui udara atau kargo, hingga laut. Jika melalui udara, mereka diselundupkan dengan berbagai modus, bisa disembunyikan di dalam koper atau melalui pengiriman kargo langsung dari Indonesia menuju Vietnam,” kata Adin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin, 4 Desember 2024.

Atas kondisi tersebut, dirilis bahwa kerugian negara dapat mencapai Rp30 triliun. Pada periode tahun 2023 ini, telah dilakukan penggagalan penyelundupan BBL melalui Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 7 kali oleh Polresta, Bareskrim, Bea Cukai, dan Aviation Security (Avsec) dengan barang bukti BBL sebanyak 522.498 ekor.

Lanjut, untuk jalur udara, penyelundupan yang paling rentan terjadi di Bandara Soekarno Hatta (Tangerang), Bandara IR. Djuanda (Surabaya) dan Bandara I Gusti Ngurah Rai (Bali).

Tidak hanya melalui udara, proses penyelundupan juga dapat terjadi melalui jalur laut, dengan menumpang kapal laut menuju Singapura kemudian ke Vietnam.

“Bisa menyeberang melalui perairan Indonesia. Dari Merak, menuju Bakahuni Lampung, lanjut perairan Jambi, Palembang, melintas Batam, sampai di Singapura akan dire-pack agar tidak ketahuan, barulah lanjut dikirim ke Vietnam,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya membentuk satuan tugas atau tim untuk memperketat kembali pengawasan dan penindakan terhadap upaya-upaya penyelundupan tersebut.

“Hari ini kita melaksanakan Apel Kesiapan Operasi Pengawasan dan Penindakan BBL di Bandara Soekarno Hatta, yang bertujuan untuk mengecek kekuatan riil kita yang siap dalam melaksanakan tugas di Sektor operasi pengawasan penyelundupan BBL khususnya di Bandara Soekarno Hatta dan, kami akan pastikan tidak ada lagi kebocoran atau penyelundupan, kami putus, sekat dan tindak aksi penyelundupan tersebut,” ungkapnya.

Exit mobile version