Berita  

RSUD Kota Tangerang Menghadirkan Rencana Cepat bagi Caleg yang Stres Akibat Gagal Pemilu

RSUD Kota Tangerang Menghadirkan Rencana Cepat bagi Caleg yang Stres Akibat Gagal Pemilu

Jumat, 17 November 2023 – 13.42 WIB

Kota Tangerang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang, telah menyiapkan alur layanan kesehatan bagi para calon legislatif (caleg) yang mengalami stres atau gangguan jiwa karena kalah dalam Pemilu 2024.

Kepala Humas RSUD Kota Tangerang, drg. Fika mengatakan, layanan kesehatan yang disiapkan pihaknya bagi caleg stres merupakan jalur fast track. “Kita memang tidak menyediakan poli atau klinik kejiwaan khusus untuk pasien caleg stres, karena gagal di Pemilu 2024. Tapi, kita bantu untuk fast track pendaftaran, konsultasi, dan proses pengambilan obatnya,” katanya, Jumat, 17 November 2023.

Dijelaskan, untuk alurnya, para pasien gangguan kejiwaan yang memang memenuhi indikasi medis dan memiliki jaminan JKN atau BPJS Kesehatan, maka pasien diminta rujukan ke askes pertama. Selanjutnya, jika sudah memiliki jaminan kesehatan maka akan mendapat rujukan fasilitas kesehatan di RSUD Kota Tangerang. Yang kemudian, langsung dirujuk ke klinik Jiwa, untuk bertemu dokter spesialis kejiwaan. “Berobat ke klinik jiwa, pemeriksaan dokter spesialis dan lakukan pengobatan. Kami ada dua dokter spesialis kejiwaan,” ujarnya.

Nantinya, bila pasien diperlukan tindakan lebih lanjut seperti rawat inap, maka akan disesuaikan dengan kemampuan RSUD Kota Tangerang, mulai dari tenaga medis hingga peralatan di rumah sakit. “Bilamana diperlukan rujuk atau jika kita belum mampu tata laksana, nanti dirujuk ke RSJ Soeharto Herdjan,” ungkapnya.

Diketahui, dalam pesta demokrasi tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang telah menetapkan 677 Daftar Calon Tetap (DCT) dalam pemilihan legislatif.

Exit mobile version