Berita  

Pendukung Perlu Ikut Menyaksikan Momen Akrab Jokowi Makan Siang Bersama 3 Bakal Capres

Pendukung Perlu Ikut Menyaksikan Momen Akrab Jokowi Makan Siang Bersama 3 Bakal Capres

Selasa, 31 Oktober 2023 – 10:21 WIB

Bandar Lampung – Momen akrab makan siang bareng antara Presiden Jokowi dengan tiga bakal calon presiden perlu juga dilakukan di tingkat pendukung masing-masing. Dengan cara itu, bisa memperlihatkan Pilpres 2024 bisa berlangsung cair dan riang gembira.

“Berdasarkan penilaian saya, sepertinya para pendukung tiga bakal calon presiden juga perlu makan siang bersama. Sebab yang mereka usung dan dukung saja makan siang bareng, masa yang di bawah tegang,” kata Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Fathul Mu’in, di Bandar Lampung, Selasa, 31 Oktober 2023.

Menurut dia, Pilpres 2024 merupakan ajang pertarungan gagasan untuk program kepemimpinan RI hingga 2029. Dengan demikian, para pendukung tak perlu tegang dan saling bermusuhan.

Pun, dia menekankan pentingnya kerukunan di tingkat akar rumput agar semuanya masih terikat persaudaraan. “Sehingga, jangan sampai Pilpres justru menjadi ajang permusuhan antar pendukung dan menjadi ajang tidak saling bertegur,” jelas Fathul.

Dia bilang untuk 2024 mesti berbeda karena bakal calon presiden yang bersaing jumlahnya tiga. “Pilpres 2024 ini harus lebih adem karena ada tiga calon. Ditambah mereka sudah memberikan contoh keakraban kepada publik,” ujar Fathul.

Lebih lanjut, dia menuturkan, dengan momen tiga bakal calon presiden sudah memberikan contoh makan bersama, maka para pendukung di tingkat daerah juga perlu mengikuti. Bagi dia, dengan cara itu bisa sedikit menurunkan ketegangan menjelang 14 Februari 2024. “Maka dari itu, baik pendukung Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto di tingkat daerah perlu saling mengundang untuk makan siang bersama,” ujarnya.

Kemudian, ia juga mengingatkan pentingnya agar Jokowi tetap netral di Pemilu 2024. Sebab, ia khawatir jika presiden terlibat aksi mendukung salah satu pasangan calon maka pilpres bisa berjalan tidak jujur dan adil. “Kalau presiden ikut campur, proses demokrasi tidak akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Diketahui, Presiden Jokowi menjamu tiga bakal calon presiden makan siang bersama di Istana, Senin kemarin. Tiga bakal calon presiden tersebut yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto.

Momen akrab terlihat pada pertemuan para tokoh tersebut. Sebelum bertemu Jokowi, tiga bakal calon presiden tampak berbincang di ruang tunggu tamu Istana Merdeka.

Ketiga bakal calon presiden dan Jokowi tampak kompak mengenakan batik lengan panjang. Pertemuan diselingi perbincangan yang akrab dengan suasana makan siang.

Baik Jokowi dan tiga bakal calon presiden duduk melingkar di hadapan sebuah meja makan bundar dengan beragam menu yang telah tersaji.

Laporan: Pujiansyah-tvOne

Exit mobile version