Berita  

Asisten Panglima Tertinggi Ukraina Meninggal Akibat Ledakan Granat Saat Membuka Hadiah Ulang Tahun

Asisten Panglima Tertinggi Ukraina Meninggal Akibat Ledakan Granat Saat Membuka Hadiah Ulang Tahun

Selasa, 7 November 2023 – 14:30 WIB

Kiev – Panglima Tertinggi Ukraina mengumumkan pada Senin, 6 November 2023, bahwa asistennya, yang merupakan seorang mayor, tewas dalam ledakan hadiah ulang tahun yang diberikan kepadanya.

“Mayor Hennady Chastyakov, asisten dan teman dekat saya, secara tragis tewas pada hari ulang tahunnya saat bersama keluarganya,” tulis Jenderal Valery Zaluzhnyi dalam aplikasi perpesanan Telegram.

Menurut outlet berita online Ukrainska Pravda, istri Chastyakov melaporkan kepada sumber keamanan bahwa hadiah yang diberikan berupa botol minuman keras berbentuk granat yang dibawanya pulang. Hadiah tersebut meledak ketika dia membukanya.

Putra Chastyakov yang berusia 13 tahun juga mengalami luka serius. Chastyakov sendiri merupakan lulusan akademi militer dan terlatih dalam menangani granat.

Jenderal Zaluzhnyi memiliki peran penting dalam invasi Rusia yang telah berlangsung selama lebih dari 20 bulan. Pekan lalu, ia menulis esai di majalah Economist yang menyatakan bahwa perang telah memasuki fase baru yang menguntungkan Rusia dan menyerukan penggunaan teknologi militer yang lebih canggih oleh Ukraina.

Presiden Volodymyr Zelensky juga membantah anggapan bahwa perang telah mencapai jalan buntu.