Berita  

Uang Ditjen Holtikultura Kementan yang Masuk ke SYL Membuat Terkejut

Uang Ditjen Holtikultura Kementan yang Masuk ke SYL Membuat Terkejut

Pada Kamis, 16 Mei 2024, Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto mengungkapkan bahwa ada uang senilai miliaran rupiah dari Direktorat Jenderalnya yang mengalir kepada Syahrul Yasin Limpo alias SYL, saat SYL menjabat sebagai Menteri Pertanian RI.

Informasi tersebut disampaikan oleh Prihasto dalam sidang gratifikasi di Kementerian Pertanian di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat pada Rabu, 15 Mei 2024.

Prihasto menjadi saksi dalam persidangan tersebut dan menjelaskan bahwa uang sebesar kurang lebih Rp4 miliar telah mengalir ke SYL pada tahun 2023. Jaksa KPK juga mengungkapkan bahwa ada aliran uang sebesar Rp1 miliar lebih dari Direktorat Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian kepada SYL pada tahun 2022.

Selain itu, Syahrul Yasin Limpo diduga memeras pegawainya hingga Rp44,5 miliar selama periode 2020-2023 bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian.

Uang tersebut digunakan untuk keperluan istri dan keluarga Syahrul, kado undangan, Partai NasDem, acara keagamaan, charter pesawat, umrah, dan berkurban. Ia juga didakwa menerima gratifikasi sebesar Rp40,6 miliar sejak Januari 2020 hingga Oktober 2023.

Exit mobile version