Berita  

Parpol Berupaya Menggusur Dominasi PKS dengan Merajut Koalisi demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Parpol Berupaya Menggusur Dominasi PKS dengan Merajut Koalisi demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Kamis, 9 Mei 2024 – 11:35 WIB

Depok – Enam partai politik di Depok serius membangun koalisi dalam Pilkada 2024. Enam partai tersebut adalah Gerindra, PDIP, PKB, PPP, Partai Demokrat, dan PAN yang sepakat untuk bergabung dalam Koalisi Sama-Sama.

Ketua DPC PDIP Depok, Hendrik Tangke Allo mengatakan bahwa syarat untuk mengusung dan mendaftarkan pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota adalah 20 persen atau gabungan dari partai politik.

“Sehingga hari ini, enam partai politik di Kota Depok yang sudah mendeklarasikan diri sebagai Koalisi Sama-Sama. Kami sepakat untuk itu,” kata Hendrik pada Kamis, 9 Mei 2024.

Ketua Dewan Pembina DPC Gerindra Depok, Nuroji menjelaskan bahwa koalisi ini terbentuk karena memiliki visi yang sama yaitu bahwa Depok membutuhkan perubahan pemimpin. Masyarakat berharap agar pemimpin yang dipilih memiliki solusi untuk masalah yang ada.

“Maka kita menggalang koalisi ini dengan tujuan tersebut, yaitu kesamaan visi untuk memperbaiki Depok, terutama pemimpinnya yang mampu mengubah atau menyelesaikan masalah-masalah yang ada,” jelas Nuroji.

Nuroji juga menyatakan bahwa dengan koalisi ini, semua pihak sepakat mencari pemimpin yang mampu mengatasi persoalan yang ada. Depok mengalami masalah kemacetan yang tidak pernah terselesaikan karena kurangnya kreativitas pemimpin dalam berkomunikasi dengan provinsi atau pusat.

Ketua DPC PPP Kota Depok, Mazhab HM menyatakan bahwa pihaknya bergabung ke Koalisi Sama-Sama karena aspirasi warga yang ingin iklim dan pola kepemimpinan ke depan harus berubah. Warga Depok menginginkan penataan yang lebih baik dari yang sekarang.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok, Edi Sitorus mengatakan bahwa Depok perlu mengusung konsep perubahan agar nyaman dan aman bagi warga. Pendekatan terhadap masalah seperti sampah, transportasi, dan kesejahteraan perlu diperhatikan agar tidak menjadi persoalan di masa depan.

Kota Depok selama ini dikenal dengan kepemimpinan kader PKS. Partai dakwah ini telah berkuasa selama hampir dua dekade melalui kader-kadernya yang berhasil memenangkan Pilkada.

Exit mobile version