Berita  

Penolakan Total Terhadap Penyampaian Dukungan Politik

Penolakan Total Terhadap Penyampaian Dukungan Politik

Senin, 20 November 2023 – 12:27 WIB

Jakarta – Kehadiran calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dalam acara silaturahmi nasional (Silatnas) Desa Bersatu 2023 tengah menjadi sorotan. Gibran dispekulasikan menerima dukungan dari perangkat desa.

Menanggapi hal ini, pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming angkat bicara untuk memberikan penjelasan. Wakil Komandan Hukum dan Advokasi TKN, Habiburokhman menjelaskan bahwa acara Silatnas Desa Bersatu adalah acara penyampaian aspirasi dari organisasi-organisasi perangkat desa yang tergabung dalam organisasi Desa Bersatu. Dia juga menegaskan bahwa sejak penyampaian undangan, dipastikan acara tersebut tidak ada penyampaian dan penerimaan dukungan politik.

“Dalam pelaksanaan acara tersebut hingga selesai jelas tidak ada sama sekali bentuk penyampaian dukungan politik kepada kami,” kata Habiburokhman pada keterangannya.

Habiburokhman juga menyampaikan bahwa pihaknya paham akan ketentuan Pasal 280, 282, dan 490 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu yang melarang keterlibatan kepala desa dalam kampanye serta memberikan kebijakan yang menguntungkan atau merugikan paslon selama masa kampanye.

Lebih lanjut, Habiburokhman menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk tetap memberikan perhatian pada desa dan masyarakat desa. Menurutnya, desa perlu dilindungi dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis.

Sebelumnya, Gibran hadir pada Minggu, 19 November 2023, sekitar pukul 15.30 WIB dalam acara Silatnas Desa Bersatu. Kehadiran Gibran disambut antusias oleh peserta yang telah hadir sejak pagi. Koordinator Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Muhammad Asri Annas mengatakan bahwa Gibran akan menghadiri acara silaturahmi ini.

Halaman Selanjutnya

Kami merasa perlu menghadiri undangan panitia tersebut karena kami memang harus mendengar, menerima, menyerap aspirasi semua elemen masyarakat termasuk kepala desa dan perangkat desa, ujarnya.

Exit mobile version