Berita  

Palangkaraya Hampir Menjadi Kota Lengkap dengan Kenaikan 12 Persen Lagi

Palangkaraya Hampir Menjadi Kota Lengkap dengan Kenaikan 12 Persen Lagi

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, pada Sabtu, 18 November 2023 pukul 10:03 WIB, menyerahkan 10 sertifikat secara door to door di Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Sertifikat yang diserahkan merupakan hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Palangkaraya. Di dalam sertifikat terdapat tulisan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Hadi menjelaskan bahwa jika harga tanah kurang dari 60 juta, BPHTB akan gratis.

Jumlah bidang tanah yang ada di Kota Palangkaraya diperkirakan mencapai 222 ribu bidang tanah, dan 88 persennya sudah terdaftar, yaitu sekitar 197.300 bidang. Hadi berharap tahun ini Palangkaraya akan menjadi kota lengkap, di mana seluruh bidang tanah terdaftar dan tidak ada lagi tumpang tindih atau saling mencaplok wilayah yang bisa menyebabkan konflik antar tetangga. Selain itu, jika semua bidang tanah sudah terdaftar secara digital dengan akurat, maka tidak akan ada lagi praktik mafia tanah.

Baca Juga: Kementerian ATR/BPN Realisasikan Redistribusi Tanah 3,9 Juta Hektare

Pada kesempatan yang sama, Badan Reserse Kriminal Polri menolak laporan dari keluarga Gijik (35), warga Kabupaten Seruyan, yang meninggal diduga karena terkena tembakan polisi ketika unjuk rasa.