Berita  

Komisi I DPR Menyetujui Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI Menggantikan Yudo Margono

Komisi I DPR Menyetujui Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI Menggantikan Yudo Margono

Senin, 13 November 2023 – 12:51 WIB

Jakarta – Komisi I DPR telah menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI. Seluruh fraksi setuju Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI,” kata Ketua Komisi 1 DPR, Meutya Hafid, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Meutya menyampaikan bahwa tahap selanjutnya akan mengesahkan nama Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI dalam rapat paripurna. Dalam kesempatan itu, Komisi I DPR juga setuju dengan pemberhentian dengan hormat terhadap Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI karena memasuki masa pensiun.

“Menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI dan memberikan apresiasi,” ujar Meutya.

Sebelumnya, Agus Subianto menjalani fit and proper test di Komisi I DPR. Agus yang juga Kepala Staf TNI AD (KSAD) itu merupakan calon tunggal Panglima TNI pengganti Yudo Margono.

Dia membeberkan visi, misi, dan program prioritasnya jika resmi menjadi Panglima TNI. Agus menuturkan, memiliki visi menjadikan TNI yang responsif, modern, dan integratif. Menurutnya, visi itu ingin menjadikan TNI Prima sehingga punya daya tahan dalam menghadapi segala bentuk ancaman.

“Guna terlaksananya semua tugas TNI yang telah ditetapkan, saya memiliki visi TNI yang prima yaitu TNI profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif,” kata Agus di ruang Komisi I DPR, Jakarta, Senayan, Senin, 13 November 2023.

Dia berpendapat bahwa dengan TNI Prima, TNI bisa membangun diri dalam menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan, yang membahayakan integritas bangsa. Agus juga menambahkan bahwa dirinya memiliki misi pendukung untuk memantapkan profesionalitas TNI sebagai alat pertahanan negara.

Exit mobile version