Berita  

Mendukung Palestina, Orang Yahudi di Eropa Mengutuk Serangan di Jalur Gaza

Mendukung Palestina, Orang Yahudi di Eropa Mengutuk Serangan di Jalur Gaza

Rabu, 25 Oktober 2023 – 04:38 WIB

Israel – Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengumumkan perang terhadap kelompok bersenjata Palestina setelah lebih dari 1.400 orang tewas di Israel dalam serangan Hamas. Kampanye pemboman yang brutal dan terus-menerus oleh Israel telah menewaskan lebih dari 5.100 orang di Jalur Gaza.

Sebagian besar wilayah tersebut telah menjadi puing-puing dalam waktu dua minggu. Lembaga swadaya masyarakat Palestina melaporkan bahwa pemboman Israel di Gaza telah menyebabkan kematian satu anak Palestina setiap 15 menit sejak dimulainya konflik.

Seorang aktivis pro-Palestina bernama Ofir, yang lahir di Israel dan banyak orang Yahudi yang tinggal di Eropa, mengkritik kebijakan Israel. Mereka telah bergabung dalam protes yang meluas di seluruh benua sebagai bentuk solidaritas terhadap serangan di Gaza.

Dari Glasgow hingga London, Paris hingga Barcelona, banyak orang yang bergabung dalam aksi unjuk rasa pro-Palestina untuk menunjukkan dukungan terhadap masyarakat di wilayah yang diblokade. Mereka juga mewakili minoritas Yahudi yang terus berjuang untuk hak-hak mereka.

Naama Farjoun, yang dibesarkan di Yerusalem, sekarang menjadi seorang Yahudi anti-Zionis. Pada bulan Januari 2001, dia meninggalkan Israel beberapa bulan setelah pecahnya Intifada kedua.

“Saya meninggalkan (Israel) karena saya tidak tahan menjadi warga negara (Israel) yang memiliki hak istimewa di negara yang rasis,” kata ibu dua anak ini, yang setiap hari merasa marah dengan pendudukan Israel dan diskriminasi terhadap Al Jazeera.

Orang Yahudi, termasuk orang Yahudi Israel, yang mengutuk tindakan Israel terhadap Palestina bukanlah hal baru. Mereka yang menolak tindakan Israel sering kali dipenjara karena prinsip-prinsip mereka.

Salah satunya adalah Joseph Abileah, seorang musisi kelahiran Austria. Dia dianggap sebagai orang pertama di Israel yang diadili karena menolak bertugas di militer Israel hanya beberapa bulan setelah negara Yahudi itu didirikan pada tahun 1948.

Meskipun begitu, kelompok penolakan di Israel sering mendapat reaksi keras atas keyakinan mereka, demikian pula dengan warga Yahudi pro-Palestina di tempat lain.

Sumber: lbc.co.uk

Exit mobile version