Berita  

Setelah Mundur dari Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono Diberikan Tugas Baru

Setelah Mundur dari Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono Diberikan Tugas Baru

Senin, 3 Juni 2024 – 13:51 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo memberikan tugas baru kepada Bambang Susantono setelah memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN.

Bambang yang baru saja mengundurkan diri sebagai Kepala OIKN diberikan tugas khusus untuk memperkuat kerja sama internasional dalam pembangunan IKN.

“Pak Bambang Susantono akan diberikan penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN,” kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, Senin, 3 Juni 2024.

Sebelumnya, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari jabatan sebagai kepala dan wakil kepala Otorita IKN. Keduanya telah mengirimkan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi.

Pratikno tidak mengetahui alasan Bambang dan Dhony Rahajoe mengundurkan diri sebagai kepala dan wakil kepala OIKN. Namun, pengunduran diri keduanya tidak berkaitan dengan rencana Upacara HUT RI di IKN.

Pratikno menegaskan bahwa persiapan upacara 17 Agustus di IKN tetap berjalan sesuai rencana. Presiden Jokowi telah menerbitkan keputusan presiden (Keppres) tentang pemberhentian Bambang dan Dhony secara hormat. Selanjutnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Plt kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni sebagai wakil kepala OIKN.