Berita  

Indonesia Bersiap Mengirimkan Pasukan Perdamaian ke Gaza

Indonesia Bersiap Mengirimkan Pasukan Perdamaian ke Gaza

Tanggal Minggu, 2 Juni 2024 – 07:09 WIB

VIVA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan bahwa Indonesia siap mengirimkan pasukan penjaga perdamaian ke Gaza, Palestina. Komitmen tersebut disampaikan oleh Prabowo untuk menjaga perdamaian dan melindungi keamanan semua pihak.

“Kami (Indonesia) siap mengirimkan pasukan penjaga perdamaian untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua pihak,” kata Prabowo saat menghadiri pertemuan International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue Ke-21 di Singapura, Sabtu, 2 Mei 2024.

Presiden RI terpilih tersebut menjelaskan bahwa langkah ini merupakan komitmen Indonesia untuk menjaga perdamaian di Gaza dan mendukung terjadinya gencatan senjata antara Palestina dan Israel.

Selain itu, lanjut Prabowo, langkah ini juga merupakan cara Indonesia untuk mendukung seluruh upaya yang dapat mempercepat perkembangan solusi dua negara guna mengatasi konflik Palestina-Israel.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga menyampaikan kesiapan Indonesia untuk mengirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza, serta mengevakuasi dan merawat warga sipil Palestina yang membutuhkan perawatan, dengan persetujuan kedua belah pihak.

“Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi kepada saya untuk mengumumkan bahwa kami siap mengevakuasi, menerima, dan merawat hingga 1.000 pasien dengan perawatan medis dalam waktu dekat,” ujarnya.

Prabowo menekankan pentingnya perdamaian jangka panjang dengan solusi gencatan senjata permanen di Gaza, dan menghimbau komunitas internasional untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan tersebut.

“Marilah kita bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. Kita harus melakukan yang terbaik untuk mencapai solusi nyata dan abadi,” terang Prabowo.