Berita  

Pada Juni 2024, PKS Akan Menentukan Posisi Aliansi atau Oposisi Terhadap Prabowo-Gibran

Pada Juni 2024, PKS Akan Menentukan Posisi Aliansi atau Oposisi Terhadap Prabowo-Gibran

PKS Akan Gelar Rapat Majelis Syuro untuk Putuskan Langkah Politik

DPP PKS mengumumkan rencana untuk menggelar Rapat Majelis Syuro pada bulan Juni 2024. Salah satu tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memutuskan langkah politik, apakah akan masuk ke dalam koalisi atau oposisi di pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Mungkin bulan depan (Juni). Tapi nanti akan dikabari. (Oposisi atau koalisi) itu akan diputuskan di Majelis Syuro,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Rabu, 15 Mei 2024.

Mardani juga belum bisa mengungkapkan nama calon gubernur yang akan diusung PKS dalam Pilkada Jakarta 2024. “Untuk DKI kayaknya akan diumumkan oleh Presiden (Ahmad Syaihku),” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan bahwa pihaknya siap untuk menjadi oposisi atau koalisi dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. PKS memiliki pengalaman sebagai oposisi maupun dalam koalisi.

“PKS punya pengalaman 10 tahun koalisi di masa Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) dan 10 tahun oposisi di masa Pak Jokowi (Joko Widodo). Jadi oposisi enggak ada masalah, koalisi (dengan Prabowo-Gibran) siap. Kami lihat dinamikanya,” kata Jazuli.