Berita  

Pusat Gibran Meminta Polri dan Kejaksaan untuk Mengawasi Program Makanan Gratis yang Bergizi: Untuk Mencegah Korupsi

Pusat Gibran Meminta Polri dan Kejaksaan untuk Mengawasi Program Makanan Gratis yang Bergizi: Untuk Mencegah Korupsi

Selasa, 23 Juli 2024 – 21:01 WIB

Jakarta – Presiden dan Wakil Presiden Terpilih tahun 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meminta kepada Polri dan Kejaksaan untuk tetap mendampingi program makan bergizi gratis.

Ketua Umum Gibran Center, Marsudiyanto mengatakan, pendampingan tersebut dilakukan guna mencegah adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam program makan bergizi gratis itu. Sebab, pembagian itu juga nantinya bisa tepat sasaran.

“Polri dan Jaksa maupun aparat penegak hukum lainnya harus memberikan edukasi agar mereka tidak melakukan korupsi dan memberikan pendampingan saat program makan ini berjalan,” ujar Marsudiyanto di DPP Gibran Center, Jakarta Selatan, Selasa 23 Juli 2024.

Marsudiyanto menuturkan bahwa pendampingan makan bergizi gratis itu juga bisa dilakukan melalui sinkronisasi program Jaksa Menyapa milik Kejaksaan Agung agar mental sumber daya manusia (SDM) tidak ada lagi yang koruptif.

“Contohnya kan Kejaksaan itu mereka ada program Jaksa Menyapa, ini bisa disatukan dengan makan bergizi gratis agar tidak ada perilaku koruptif lagi,” ucap dia.

Marsudiyanto mengakui bahwa tindakan koruptif tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, namun dia optimistis Gibran Center bisa meminimalisir tindakan tersebut dengan cara ikut mendampingi program makan bergizi gratis Prabowo-Girban.

“Kalau korupsi itu memang tidak bisa hilang ya sepenuhnya, tetapi saya yakin tindakan koruptif bisa diminimalisir,” bebernya.