Berita  

UEA Meminta Khatib Salat Jumat Agar Tidak Mengeluarkan Khutbah yang Terlalu Panjang karena Cuaca Panas Ekstrem

UEA Meminta Khatib Salat Jumat Agar Tidak Mengeluarkan Khutbah yang Terlalu Panjang karena Cuaca Panas Ekstrem

Pada Jumat, 28 Juni 2024 – 16:26 WIB

Abu Dhabi – Uni Emirat Arab (UEA) telah memerintahkan para khatib masjid di seluruh negara untuk membatasi durasi khutbah dan salat Jumat. Selanjutnya, UEA akan membatasi khutbah maksimal 10 menit karena panas yang terus melanda wilayah tersebut, seperti dilaporkan oleh kantor berita negara tersebut pada Kamis, 27 Juni 2024.

“Arahan tersebut, yang dikeluarkan oleh Otoritas Umum UEA untuk Urusan Islam, Wakaf, Zakat (AWQAF), akan berlaku pada hari Jumat dan akan berlangsung hingga awal Oktober,” Menurut badan WAM.

Keputusan ini diambil untuk menjaga keselamatan jemaah dan memenuhi kebutuhan mereka yang berkunjung ke rumah Tuhan, terutama selama bulan-bulan musim panas dan saat suhu sedang tinggi.

Menurut laporan dari Middle East Monitor, pada Jumat, 28 Juni 2024, menurut Pusat Meteorologi Nasional UEA, suhu musim panas di negara Teluk sering kali melebihi 40 hingga 50 derajat Celsius.

Hal serupa juga terjadi di Arab Saudi. Pada ibadah haji tahunan, 1.301 orang meninggal, 83 persen di antaranya adalah jemaah haji yang tidak terdaftar, dan terkena sinar matahari langsung tanpa tempat berlindung atau kenyamanan yang memadai, menurut Menteri Kesehatan Arab Saudi awal pekan ini.

Exit mobile version