Berita  

Gerindra Menunggu Keputusan Golkar Sebelum Memilih Ridwan Kamil Sebagai Calon Pilkada Jakarta

Gerindra Menunggu Keputusan Golkar Sebelum Memilih Ridwan Kamil Sebagai Calon Pilkada Jakarta

Sabtu, 8 Juni 2024 – 02:08 WIB

Jakarta – Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan masih menunggu sikap resmi Golkar sebelum memutuskan untuk mengusung Ridwan Kamil atau RK di Pilkada Jakarta 2024. Dasco menyebut bahwa sempat ada pembahasan untuk mendukung RK.

“Iya pada saat sebelum Pilpres itu memang sudah ada wacana dan kemudian sudah disampaikan oleh Kang RK bahwa dia mau maju Pilkada DKI dan pada waktu itu juga Golkar mendukung,” kata Dasco kepada wartawan di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat, 7 Juni 2024.

“Sehingga kami masih berpedoman pada pembicaraan saat itu bahwa kami bersama-sama akan mendukung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur DKI,” lanjut dia.

Meski begitu, Dasco mengatakan politik bersifat dinamis dan fluktuatif. Maka dari itu, pihaknya masih menunggu sikap resmi dari Partai Golkar sebelum akhirnya memutuskan untuk mendukung Ridwan Kamil.

Partai Golkar diketahui memberikan surat penugasan kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat.

“Jika kemudian Golkar masih mengevaluasi terhadap calon yang akan diajukan karena melihat situasi dan kondisi saat ini, tentunya Partai Gerindra atau partai lainnya juga akan menunggu hasil evaluasi tersebut sebelum kemudian memutuskan pencalonan yang akan dicalonkan secara bersama-sama di DKI,” ujar dia.

Pada 23 November 2023, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa dirinya mendapat dua surat penugasan dari Partai Golkar untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah 2024.

“Karena diberikan dua surat penugasan, prioritas tetap di Jabar. Akan tetapi, diminta untuk tetap mencoba berkiprah sesuai dengan penugasan di DKI Jakarta,” ujar Kang Emil, sapaan akrabnya.