Berita  

Israel Menawarkan Rencana Gencatan Senjata, Biden Mengekspresikan Keinginan Perang Berakhir

Israel Menawarkan Rencana Gencatan Senjata, Biden Mengekspresikan Keinginan Perang Berakhir

Sabtu, 1 Juni 2024 – 11:36 WIB

Washington – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengatakan bahwa sudah saatnya perang di Gaza Palestina berakhir. Biden menyatakan bahwa Israel telah menawarkan peta jalan baru menuju gencatan senjata. Hal tersebut disampaikan pada hari Jumat, 31 Mei 2024.

Dalam pidato besar pertamanya yang menguraikan solusi terhadap konflik Israel, Biden mengatakan proposal tersebut dimulai dengan fase enam minggu, di mana pasukan Israel akan menarik diri dari seluruh wilayah berpenduduk di Gaza.

“Sudah waktunya perang ini berakhir,” kata Biden dalam pidato yang disiarkan di televisi dari Gedung Putih.

“Israel telah menawarkan proposal baru yang komprehensif. Ini adalah peta jalan menuju gencatan senjata abadi dan pembebasan semua sandera,” tambahnya, seperti dilansir dari The New Arab, Sabtu, 1 Juni 2024.

Pria berusia 81 tahun yang merupakan anggota Partai Demokrat ini menegaskan kedudukannya yang sangat kuat terhadap Hamas. Biden menghimbau Hamas untuk menerima kesepakatan tersebut. Namun, Biden juga mendapat kritik atas dukungannya terhadap Israel selama perang yang telah menghancurkan penduduk sipil di Gaza.

Meskipun demikian, Joe Biden juga menyatakan bahwa ia telah mendesak para pemimpin di Israel untuk mendukung kesepakatan ini, meskipun ada tekanan.