Berita  

PDIP Kritik Pemerintah dalam Rakernas, Jokowi Sebut Masalah Internal

PDIP Kritik Pemerintah dalam Rakernas, Jokowi Sebut Masalah Internal

Selasa, 28 Mei 2024 – 07:32 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo tidak bersedia mengomentari kritik terhadap pemerintah yang disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional V PDI Perjuangan karena menilai hal itu merupakan urusan internal partai tersebut.

“Saya anggap itu adalah masalah internal partai. Jadi, itu hal internal PDI Perjuangan. Saya tidak akan memberikan komentar,” ujar Jokowi singkat setelah menghadiri acara Inaugurasi Menuju Ansor Masa Depan di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin, 27 Mei 2024.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politik dalam pembukaan Rakernas V PDI Perjuangan di Jakarta, Jumat, 24 Mei.

Dalam pidatonya, Megawati membahas berbagai hal mulai dari pemimpin otoriter populis, reformasi untuk mewujudkan negara hukum demokratis, hingga revisi Undang-Undang Mahkamah Konstitusi dan Undang-Undang penyiaran.

Mengenai revisi Undang-Undang MK, Megawati menegaskan bahwa revisi tersebut terkesan mendadak dan tidak mengikuti prosedur yang benar. Selain itu, dia juga menyentuh revisi Undang-Undang Penyiaran yang dinilai merugikan esensi dari jurnalisme investigasi.

Megawati juga membahas tentang masalah hukum yang digunakan sebagai alat untuk membenarkan ambisi kekuasaan, atau yang dikenal para pakar dengan istilah legalisme otokratis.

Halaman Selanjutnya

*Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas V PDIP 2024*