Berita  

Kabaharkam Polri Memantau Pelabuhan Lembar Lombok Menjelang World Water Forum ke-10

Kabaharkam Polri Memantau Pelabuhan Lembar Lombok Menjelang World Water Forum ke-10

Sabtu, 11 Mei 2024 – 13:54 WIB

Lombok – Menjelang World Water Forum (WWF) ke-10 yang digelar di Bali pada 18-25 Mei 2024, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Fadil Imran, meninjau langsung Pelabuhan Lembar, Lombok Barat pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Pelabuhan Lembar merupakan salah satu pintu masuk menuju Bali melalui Pulau Lombok. Keamanan di Lombok menjadi atensi Polri menyambut World Water Forum ke-10 2024.

Komjen Fadil Imran dengan didampingi Kapolda NTB, Irjen Pol. Umar Faroq melihat kesiapan pengamanan pelabuhan dengan memeriksa sistem penjagaan di Pelabuhan Lembar, mesin x-ray pelabuhan, ruang tunggu penumpang dan mengelilingi dermaga penyeberangan di Lembar.

“Kami memastikan setiap proses akses masuk ke Bali berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Fadil Imran sekaligus menjadi Kepala Operasi Puri Agung 2024 untuk mengawal jalannya World Water Forum ke-10. Dia mengatakan telah mengatur strategi pengamanan secara detail dalam mendukung berlangsungnya acara.

“Unit-unit seperti Sabhara, Polisi Satwa, Bhabinkamtibmas, Pamobvit serta satuan lain yang terlibat menunjukkan komitmen memberi perlindungan menyeluruh di semua area acara,” ujarnya.

“Kami ingin memastikan seluruh personel terlatih dan siap menghadapi potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama acara berlangsung,” kata dia.

Fadil mengatakan telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan pihak penyelenggara dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Dia berharap masyarakat dapat mendukung acara tersebut dengan memberikan informasi terkait potensi ancaman.

Beberapa unit Polri telah ditempatkan di lokasi strategis dan potensial, bahkan sebelum acara berlangsung.

“Unit Sabhara dan Polisi Satwa telah ditempatkan di tempat strategis. Siap melayani segala bentuk gangguan keamanan dan melayani masyarakat,” kata dia.

Fadil mengatakan dari hasil pantauan di Pelabuhan Lembar, semuanya berjalan baik, meskipun ada beberapa catatan untuk perbaikan.

“Saya tadi berkeliling mulai dari area pejalan kaki, roda dua, roda empat, ruang tunggu, dermaga. Sejauh ini berjalan dengan baik. Ada beberapa catatan hanya tinggal disempurnakan,” ujarnya.