Berita  

Manfaatnya Jika Ada Satu Partai Besar di Luar Koalisi Prabowo-Gibran

Manfaatnya Jika Ada Satu Partai Besar di Luar Koalisi Prabowo-Gibran

Sabtu, 4 Mei 2024 – 11:23 WIB

Jakarta – Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, menyatakan perlunya oposisi dalam pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang akan datang. Menurutnya, tanpa adanya oposisi, demokrasi di Indonesia akan kurang seimbang karena tidak ada kontrol terhadap para penguasa.

“Anda memperluas oposisi, jika tidak ada oposisi, semuanya masuk ke dalam pemerintah, maka demokrasinya tidak memiliki check and balances,” ujar Andi dalam forum diskusi dengan tema ‘Demokrasi Tanpa Oposisi’, Sabtu, 4 Mei 2024.

Andi berpendapat bahwa akan baik jika ada satu partai yang cukup besar yang memutuskan untuk menjadi oposisi dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. Meskipun demikian, ia menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada Prabowo Subianto selaku presiden terpilih.

“Namun akan baik jika ada satu partai yang cukup besar di luar pemerintahan, tetapi sekali lagi, ini tergantung pada Pak Prabowo sendiri, siapa yang ingin diajak bergabung dengan koalisi Prabowo-Gibran. Kami hanya menunggu perkembangan situasi,” ujarnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, sebelumnya menyatakan bahwa partainya ingin terus bekerja sama dan lebih produktif dengan Partai Gerindra.

Hal tersebut diungkapkan oleh Cak Imin setelah melakukan pertemuan tertutup dengan Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2024.

“Dalam pertemuan itu, Cak Imin menyerahkan delapan agenda perubahan partainya kepada Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Meskipun demikian, ia tidak merinci lebih lanjut mengenai delapan agenda perubahan PKB yang diserahkan ke Prabowo,” ucapnya.

Di sisi lain, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, juga mengungkapkan dukungan partainya. Ia menyatakan bahwa Nasdem akan mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran untuk periode 2024-2029.

“Saya katakan, Nasdem hari ini menyatakan kembali, menegaskan, mendukung pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran,” kata Paloh dalam konferensi pers di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis, 25 April 2024.