Berita  

Jokowi: Pelabuhan Merak Perlu Penanganan Lebih Fokus untuk Arus Mudik

Jokowi: Pelabuhan Merak Perlu Penanganan Lebih Fokus untuk Arus Mudik

Senin, 8 April 2024 – 11:18 WIB

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengomentari arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten. Menurut Jokowi, diperlukan penanganan yang lebih fokus untuk mengatasi arus mudik di Pelabuhan Merak.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Senin, 8 April 2024. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ikut mendampingi Jokowi dalam peninjauan tersebut.

“Saya melihat secara umum ada beberapa hal yang membutuhkan penanganan yang lebih fokus, yaitu di Merak. Terutama yang terkait dengan penumpang yang naik sepeda motor, jaraknya jauh. Tadi saya minta penjelasan kepada Menteri Perhubungan semua sudah ditemukan solusinya,” kata Jokowi kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin, 8 April 2024.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan arus mudik pada Lebaran 2024 ini lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Dia menyaksikan bahwa antrean mudik berjalan lancar baik di stasiun, terminal, maupun bandara.

“Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, saya kira tahun ini jauh lebih baik, saya tidak melihat antrean yang terlalu panjang di bandara, stasiun atau terminal, yang begitu ramai dan berdesak-desakan saya tidak melihat,” kata Jokowi.

Sebelumnya dilaporkan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Senin, 8 April 2024. Dari hasil peninjauan tersebut, Jokowi menyebut arus mudik di Stasiun Pasar Senen berjalan dengan tertib dan terkelola dengan baik.

“Ya semuanya saya lihat, semuanya tertib, terkelola dengan baik, sampai di atas kereta juga saya lihat sudah tertib, baik,” kata Jokowi kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Senin, 8 April 2024.

Jokowi menyatakan bahwa tidak ada penumpang yang berdesak-desakan di Stasiun Pasar Senen. Semua penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik sudah terorganisir dengan baik.

“Tidak ada yang berdesak-desakan, semuanya baik, di Stasiun Pasar Senen semuanya baik,” ungkapnya.