Berita  

Pentas Butet yang Mengejutkan Tanpa Rasa Takut

Pentas Butet yang Mengejutkan Tanpa Rasa Takut

Minggu, 4 Februari 2024 – 20:29 WIB

Jakarta – Salah satu pertanyaan dalam debat kelima calon presiden di Pilpres 2024 adalah komersialisasi budaya dan kerumitan birokrasi. Bagi Ganjar, jika masalahnya ada pada birokrasi, maka itu harus diatasi.

Menurut Ganjar, sejatinya peran birokrasi dalam membantu kebudayaan ini hanya memberi fasilitas saja. “Maka budaya akan tumbuh dan pemerintah akan bisa melihat bagaimana proses kreatif itu berjalan,” kata Ganjar, dalam sesi tanya jawab debat kelima, Jakarta, Minggu 4 Februari 2024.

Pemerintah hanya menyaksikan, sedangkan kreativitas bisa dilakukan oleh mereka. Pemerintah harus memberikan perlindungan terhadap budaya ini, apapun yang mereka kreasi. Tidak perlu diintervensi. “Berikan itu kepada mereka agar mereka bisa mengurus sendiri,” katanya. “Masa takut sama pentasnya Butet (Butet Kartaredjasa),” katanya.

Bahwa budaya kemudian melakukan kritik terhadap pemerintah, menurutnya itu hal yang wajar. Pemerintah harus bisa menjaga dan membiarkan mereka untuk mengekspresikan seninya dengan cara mereka sendiri. “Birokrasi tinggal duduk melihat hasilnya,” katanya.

Halaman Selanjutnya