Berita  

Sejak 2015, Dana Desa yang Disinggung oleh Jokowi Sudah Capai Rp539 Triliun: Sungguh Besarannya

Sejak 2015, Dana Desa yang Disinggung oleh Jokowi Sudah Capai Rp539 Triliun: Sungguh Besarannya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah terus berupaya melakukan pembangunan secara merata hingga ke desa-desa. Menurutnya, dana desa sebesar Rp539 triliun telah disalurkan untuk membangun desa di seluruh Tanah Air.

“Jangan keliru ini, saya beri tahu sampai saat ini sudah Rp539 triliun dana desa yang disalurkan ke desa-desa. Rp539 triliun. Uang gede banget loh,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, uang ratusan triliun rupiah itu digelontorkan sejak 2015, bukan angka yang kecil. Dia juga mencontohkan bahwa pembangunan bandara hingga bendungan memiliki anggaran jauh lebih sedikit dibanding dana desa.

Jokowi juga menyatakan bahwa pembangunan jalan desa yang dibangun di seluruh Tanah Air lebih panjang dibanding pembangunan jalan tol. Dia berharap agar penggunaan dana desa ke depannya dapat digunakan dan dikelola untuk semakin memberi manfaat bagi masyarakat.

Misalnya, membangun infrastruktur desa seharusnya tidak membeli bahan-bahan bangunan dari luar daerahnya guna menjaga perputaran uang di desa. Jokowi juga menekankan untuk menggunakan anggaran dana desa untuk belanja material pembangunan di daerah setempat, bukan di Jakarta.