Berita  

Jokowi Meluncurkan Transportasi Berkelanjutan di IKN, Bluebird Berinvestasi Rp 250 Miliar

Jokowi Meluncurkan Transportasi Berkelanjutan di IKN, Bluebird Berinvestasi Rp 250 Miliar

Kamis, 21 Desember 2023 – 13:28 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan transportasi ramah lingkungan oleh Blue Bird Group di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis, 21 Desember 2023. Dia mengatakan bahwa investasi ini mencapai ratusan miliar rupiah.

“Saya senang dan menyambut gembira transportasi ramah lingkungan di IKN oleh Blue Bird Grup dengan investasi sebesar Rp 250 miliar,” kata Jokowi. Jokowi berharap peluncuran transportasi ramah lingkungan akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di IKN. Konsep utama IKN adalah kawasan hijau, lingkungan hijau, gedung hijau, transportasi hijau, listrik hijau, dan energi hijau.

“Investasi yang ditanamkan Blue Bird Grup akan digunakan untuk pengembangan sistem transportasi yang ramah lingkungan, pengadaan bus rapid transit listrik, layanan taksi listrik, mobil rental listrik, serta bus jurusan dari Balikpapan ke IKN,” jelas dia.

Selain itu, Blue Bird Grup juga akan melengkapi sarana pendukung yang dikelola secara terintegerasi dengan teknologi pintar seperti penyediaan halte, park and drive, transfer point depo, dan charging point.

“Saya mengapresiasi, sangat menghargai Blue Bird Grup untuk mendukung inisiatif transportasi ramah lingkungan di IKN, untuk menciptakan masa depan mobilitas yang berkelanjutan serta menciptakan lingkungan bersih dan sehat,” ujarnya.