Berita  

Hentikanlah Perpecahan! Agama Bukan untuk Memisahkan

Hentikanlah Perpecahan! Agama Bukan untuk Memisahkan

Selasa, 28 November 2023 – 06:05 WIB

Jakarta – Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas angkat bicara soal bentrokan yang terjadi di Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) pada Sabtu kemarin. Yaqut mengimbau masyarakat, agar agama tidak dijadikan sumber perpecahan.

Dikabarkan, bentrok antara kedua kelompok tersebut diduga terjadi akibat provokasi atas keberpihakan dukungan terhadap Palestina dan Israel.

“Jadi Kami berharap supaya agama ini jangan dijadikan sebagai sumber perpecahan,” kata Yaqut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta dikutip Selasa, 28 November 2023.

Yaqut menuturkan, seharusnya agama menjadi sumber inspirasi untuk melakukan perdamaian. Selain itu, agama juga semestinya dijadikan sebagai alat mempraktikkan kasih sayang antar sesama manusia.

Yaqut lantas meminta agar konflik seperti yang terjadi di Bitung segera disetop. Dia juga berharap tak ada konflik serupa di daerah lain.

“Jadi saya kira, sudahlah. Hentikan konflik-konflik yang bersifat SARA seperti itu. Enggak ada gunanya juga. Agama itu untuk kemanusiaan, untuk kebaikan. Bukan untuk perpecahan atau pertentangan,” kata Yaqut.