Berita  

Penembakan Gas Air Mata Polisi terhadap Suporter di Gresik Perlu Diinvestigasi oleh DPR

Penembakan Gas Air Mata Polisi terhadap Suporter di Gresik Perlu Diinvestigasi oleh DPR

Anggota Komisi III DPR, Santoso, menyuarakan keprihatinannya terhadap kericuhan yang terjadi setelah pertandingan Liga 2 antara Gresik United dan Deltras Sidoarjo di Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) Gresik, Jawa Timur, pada Minggu, 19 November 2023. Kericuhan ini membuatnya meminta Polri untuk melakukan investigasi dan evaluasi terkait pengamanan pertandingan sepakbola. Santoso menegaskan agar tragedi Kanjuruhan tidak terulang lagi.

Intensitas kericuhan suporter terus meningkat, khususnya setelah pertandingan Gresik United vs Deltras di Stadion Gelora Joko Samudro pada Minggu lalu. Santoso juga menyoroti penegakan hukum tragedi Kanjuruhan yang belum tuntas. Ia menekankan perlunya langkah konkret dan segera dalam menerapkan regulasi yang dapat menciptakan lingkungan yang aman dan tertib dalam setiap pertandingan sepak bola.

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, juga menekankan bahwa pengelolaan suporter harus menjadi perhatian serius para pemangku kepentingan pengelolaan sepak bola di Indonesia. Menurutnya, gesekan suporter kerap kali memicu kerusuhan yang memicu korban baik dari kalangan suporter atau masyarakat luas. Dia mendorong Kemenpora dan federasi untuk segera bertemu dengan klub dan perwakilan suporter untuk melakukan restrukturisasi pengelolaan suporter di Indonesia.