Berita  

I use English because he understands English.

I use English because he understands English.

Makassar – Pengamat politik dan akademisi, Rocky Gerung, memuji Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan. Menurut Rocky, Anies paham ketika berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Momen tersebut disampaikan Rocky Gerung saat menghadiri Sarasehan Ikatan Alumni (IKA) Universitas Negeri Malang (UNM) di Hotel Four Points, Makassar, pada Sabtu (18/11/2023). Rocky awalnya mengatakan bahwa Anies dapat menjawab pertanyaan dengan baik. Bahkan, Rocky mengungkap bahwa dirinya paham dengan cara berpikir Anies. Menurut Rocky, kecerdasan Anies tak perlu dipertanyakan.

Rocky juga memuji Anies yang paham betul soal bahasa Inggris. Dia menjelaskan terkait demokrasi dan membandingkan beberapa definisi demokrasi. Lebih lanjut, Rocky menjelaskan bahwa demokrasi adalah The Government Of Reason Through The Government By The People, artinya pemerintahan akal melalui pemerintahan orang. Dan terakhir, definisi demokrasi dari Rocky adalah doing habits of the heart, artinya datang dari kebiasaan hati.

“Saya pakai bahasa Inggris karena dia (Anies) paham bahasa Inggris,” ucap Rocky diiringi tawa dan tepuk tangan lagi. Dalam kegiatan Sarasehan Nasional IKA UNM ini, hadir capres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Sementara capres Prabowo Subianto dinyatakan batal hadir karena menghadiri acara yang telah terjadwal sebelumnya. Rocky Gerung menjadi penanggap melempar pertanyaan kepada capres dalam acara tersebut.