Berita  

Bangkai Pesawat Super Tucano Dipotong dan Diangkat ke Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh

Bangkai Pesawat Super Tucano Dipotong dan Diangkat ke Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh

Kadispen AU Marsma TNI R Agung Sasongkojati mengungkapkan bahwa tim telah diterjunkan untuk mengevakuasi bangkai pesawat Super Tucano yang jatuh di Watugede atau kawasan Pegunungan Tengger Kabupaten Pasuruan.

Agung menjelaskan bahwa kendala utama evakuasi adalah medan yang sulit karena berada di pegunungan. Sedangkan bangkai pesawat ini cukup vital karena menjadi alat bukti utama dalam penyelidikan penyebab jatuhnya dua pesawat latih milik TNI AU ini.

“Masih butuh waktu lama (evakuasi pesawat), karena lokasi medan yang sulit. Kemungkinan kita harus memotong pesawat dan mengangkut dengan helikopter,” kata Agung, Jumat, 17 November 2023.

Agung mengungkapkan, setelah berhasil dievakuasi. Bangkai 2 pesawat Super Tucano akan dibawa ke Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang. Di tempat ini bangkai pesawat akan diinvestigasi oleh tim TNI Angkatan Udara. Setelah menemukan data recorder mereka akan melihat penyebab pasti kecelakaan ini. Sebab, dalam data recorder itu bakal diketahui rekaman suara, posisi terakhir hingga pengecekan mesin apakah mati atau hidup saat kecelakaan terjadi.

Sebagai informasi, dalam kecelakaan ini 4 perwira TNI AU yang gugur mendapat pangkat kehormatan atau anumerta. Pertama Kolonel Adm Widiono Hadiwijaya yang naik pangkat menjadi Marsma TNI. Kedua Letkol Pnb Sandhra Gunawan naik pangkat menjadi Kolonel. Ketiga Kolonel Pnb Subhan naik pangkat menjadi Marsma TNI. Sedangkan keempat Mayor Pnb Yuda A Seta naik pangkat menjadi Letkol. Ke 4 perwira ini telah dimakamkan, pada Jumat, 17 November 2023.