Berita  

Pimpinan KPK Bertanya Kapan Polisi Akan Umumkan Tersangka Kasus Pemerasan SYL

Pimpinan KPK Bertanya Kapan Polisi Akan Umumkan Tersangka Kasus Pemerasan SYL

Kamis, 9 November 2023 – 23:39 WIB

Jakarta – Polisi tidak banyak bicara soal kemungkinan segera menetapkan tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

Polisi mengaku akan terus menyampaikan perkembangan kasus itu ke publik. Termasuk perihal apabila sudah ada tersangka dalam kasus yang telah penyidikan tersebut. “Intinya proses sidik masih terus berlangsung. Kami pastikan penyidik dalam melaksanakan tugas penyidikan akan profesional, transparan dan akuntabel. Perkembangan sidik selanjutnya nanti akan dikabarkan kemudian,” ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Kamis 9 November 2023.

Mantan Kapolres Kota Solo itu pun tidak menjawab gamblang ketika ditanya soal kemungkinan tak lagi memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri dan langsung melakukan gelar perkara menentukan tersangka. Ade cuma menegaskan kalau proses penyidikan masih berjalan sampai saat ini.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 ke penyidikan. “Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Dugaan pimpinan KPK yang melakukan pemerasan terhadap SYL dispekulasikan mengarah ke Firli Bahuri. Apalagi sempat beredar foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis. Firli pun menjelaskan beredarnya foto pertemuan dirinya dengan SYL yang membuat publik geger. Foto tersebut beredar, setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan era SYL. Firli menjelaskan, kalau pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terjadi. Dia menyebut, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022, setahun lalu. “Pertemuan di lapangan bulu tangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka,” ujar Firli dalam keterangannya, Senin 9 Oktober 2023.