Berita  

Luhut Ungkap Kondisi Terbaru Saat Dijenguk Jokowi di Singapura dan Beri Hormat

Luhut Ungkap Kondisi Terbaru Saat Dijenguk Jokowi di Singapura dan Beri Hormat

Sabtu, 4 November 2023 – 12:57 WIB

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan memposting momen dirinya dijenguk Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut terlihat dalam postingan akun Instagram resmi Luhut @luhut.pandjaitan. Dalam postingannya, Luhut juga mengupload foto Jokowi yang datang menjenguknya. Dalam foto itu, terlihat Luhut memberi hormat kepada Jokowi.

“Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses pemulihan tubuh setelah sakit yang saya alami,” demikian seperti dikutip, Sabtu 4 November 2023.

Dalam postingannya tersebut, Luhut mengungkapkan alasan mengapa dia berobat ke negara tetangga Singapura. Dia mengatakan, awalnya dia dirawat di Jakarta sebelum akhirnya dirujuk ke Singapura.

“Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura. Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura,” ujarnya.

Pada hari pertama di sana, Luhut mengaku benar-benar tidak beristirahat. Dia tidak menerima tamu bahkan panggilan via ponsel sekalipun.

“Karenanya, pada hari-hari pertama di sini, praktis saya hanya ditemani tim dokter, satu orang ajudan, serta istri dan anak saya. Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab — semua harus lewat tangan ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam,” katanya.

Luhut mengaku upaya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak. Hal itu terbukti dari progress kondisinya yang semakin membaik sampai saat ini.

“Sekarang, saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja meskipun belum sepenuhnya. Saya juga sudah mulai menerima kunjungan Presiden @jokowi, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, para Menteri, dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali,” kata dia.

Dirinya pun mengajak masyarakat agar selalu ingat dan waspada dalam setiap ucapan dan tindakan. Manusia, kata Luhut, hanya sekedar kepingan kecil di hadapan takdir dan kuasa Tuhan. Oleh karena itu, dirinya mengajak agar tidak menyombongkan diri.

“Kalau saya ditanya apa dorongan terbesar yang membuat saya bisa sembuh meski usia saya tidak muda lagi? Jawabannya ada dua hal. Pertama, karena sikap pantang menyerah yang saya pelajari semasa di Kopassus. Kedua, dan yang paling penting adalah kasih dan pertolongan Tuhan YME. Ada pepatah mengatakan bahwa kita tidak akan pernah mengetahui arti suatu hal sampai kita kehilangannya, dan saya mengamini hal ini. Kita tidak akan pernah mengetahui nikmatnya hidup sehat sampai kita jatuh sakit,” kata Luhut Lagi.