Berita  

Penyebab Kebakaran Parah di Penampungan Sampah Bantar Gebang

Penyebab Kebakaran Parah di Penampungan Sampah Bantar Gebang

Minggu, 29 Oktober 2023 – 18:29 WIB

Jakarta – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Isnawa Adji, mengatakan bahwa Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat terbakar pada Minggu, 29 Oktober 2023 siang ini. Dia menyebut dugaannya karena efek cuaca panas.

“Jam 14.15 WIB terjadi kebakaran di TPST Bantargebang, pengaruh cuaca panas sepertinya memicu terjadinya kebakaran,” ujar Isnawa kepada wartawan, Minggu, 29 Oktober 2023.

Dia menuturkan ketika mendapatkan informasi, petugas pemadam kebakaran langsung bergerak cepat untuk memadamkan api tersebut. Isnawa menjelaskan bahwa kebakaran terjadi bukan di lokasi yang mudah menyebar ke lokasi lain.

“Terjadinya di zona 2 dan bukan merupakan zona aktif. Informasi dari lapangan tiba-tiba langsung muncul asap dan memang di sekitaran lokasi tersebut terdapat sampah kering dan kemudian tersapu angin kencang,” ucapnya.

Isnawa menuturkan bahwa proses pemadaman harus melibatkan 4 mobil tanki air UPST, 2 mobil pemadam kebakaran UPST, 6 mobil pemadam kebakaran dari DKI, dan 4 mobil pemadam kebakaran dari Kota Bekasi.

“Untuk titik sumber air sementara kita gunakan area carwash untuk suplai air,” kata Isnawa.