Berita  

Pemerintah Israel Merasa Tidak Puas dengan Respons Terbuka Dari Tawanan yang Dibebaskan oleh Hamas

Pemerintah Israel Merasa Tidak Puas dengan Respons Terbuka Dari Tawanan yang Dibebaskan oleh Hamas

Rabu, 25 Oktober 2023 – 15:08 WIB

VIVA Dunia – Para pejabat Israel tidak senang dengan wawancara yang diberikan oleh mantan tawanan Hamas di Gaza karena dia tidak dipersiapkan dengan baik untuk memberikan jawaban mengenai pernyataan tersebut.

Baca Juga :

Heboh Lansia Putar Musik 10 Tahun Nonstop

Dilaporkan dari Middle East Eye, Rabu, 25 Oktober 2023, dalam konferensi pers pada Selasa, 26 Oktober 2023, Yocheved Lifshitz, seorang tawanan Israel yang dibebaskan dari Gaza, mengatakan bahwa dia dipukuli pada 7 Oktober, pada hari ketika pasukan Hamas menyerbu wilayah selatan Israel, namun kemudian dia mengungkapkan bahwa dia diperlakukan dengan “lembut”.

Warga Israel yang Disandera Hamas

Baca Juga :

Jason Statham Pakai Bendera Palestina di Kap Mobil Mewah Sebagai Bentuk Anti Penjajahan

Sumber-sumber mengatakan kepada media milik pemerintah Israel, Kan News, bahwa wawancara tersebut adalah sebuah “kesalahan”, dan menambahkan bahwa tidak ada briefing dengan Lifshitz sebelum konferensi pers.

Lifshitz adalah salah satu dari empat warga Israel yang telah dibebaskan setelah Hamas menyerbu Israel di dekat Jalur Gaza dalam serangan yang menewaskan sekitar 1.400 warga Israel, sebagian besar adalah warga sipil. Israel percaya bahwa masih ada 220 tawanan yang ditahan di Gaza.

Baca Juga :

Sistem Layanan Kesehatan di Jalur Gaza dalam Keadaan Runtuh

Mantan tawanan Israel tersebut adalah salah satu tawanan tertua yang ditahan oleh Hamas di Gaza, dan menghabiskan lebih dari dua minggu dalam tahanan. Dia dibebaskan bersama dengan tawanan lainnya, Nurit Yitzhak, yang berusia 79 tahun.

Lifshitz mengatakan kepada wartawan: “Saya telah melalui neraka, saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan mencapai kondisi seperti ini. Mereka (Hamas) mengamuk di kibbutz kami dan membawa saya menggunakan sepeda motor.”

Dia kemudian menggambarkan bagaimana anak-anak dan orang tua, termasuk di antaranya yang diculik, dan menyebut adegan itu “sangat menyakitkan”. Lifshitz menambahkan bahwa dia dipukul dengan tongkat dalam perjalanan menuju Gaza dan dipaksa berjalan kaki beberapa kilometer setelah mencapai daerah tersebut.

Pernyataan yang Diperdebatkan

Menurut mantan sandera tersebut, seorang petugas medis dan kemudian seorang dokter mengunjunginya ketika dia ditahan oleh Hamas untuk memeriksa kondisinya. “Mereka memperhatikan setiap detail kondisi kita,” katanya.

Warga Israel dibebaskan usai disandera oleh Hamas

Warga Israel dibebaskan usai disandera oleh Hamas

Lifshitz mengatakan bahwa para penculiknya “memperhatikan” kebutuhannya. “Mereka memastikan bahwa mereka makan makanan yang sama seperti yang kita makan, keju putih dan mentimun,” tambahnya.

Menceritakan kembali kisah ibunya, putri Lifshitz, Sharone, mengatakan: “Ketika dia pertama kali tiba, mereka mengatakan kepada Ibunya bahwa mereka Muslim dan mereka tidak akan menyakitinya.”

Ketika Lifshitz ditanya mengapa dia berjabat tangan dengan pejuang Hamas sebelum dibebaskan, dia menjawab: “Mereka bersikap lembut kepada kami, kebutuhan kami dipenuhi.”

Dalam pernyataan persnya, Lifshitz juga mengutuk kurangnya kesiapan tentara Israel dalam menghadapi serangan pada 7 Oktober yang lalu, dengan mengatakan bahwa “dua miliar” shekel telah dihabiskan untuk sistem keamanan yang tidak berguna.

Dia juga menyerang pemerintah Israel dengan mengkritik kegagalannya dalam mengantisipasi serangan tersebut. “Kami adalah kambing hitam pemerintah, kami ditinggalkan. Kami seperti di neraka,” katanya.

Oded Lifshitz, suami Yocheved, masih hilang dan diduga ditahan oleh pasukan Palestina di Gaza, meskipun keberadaannya atau kondisinya tidak diketahui.

Israel mengatakan bahwa Hamas menahan 22 warga negara mereka sebagai tawanan, beberapa di antaranya memiliki kewarganegaraan dari berbagai negara, namun jumlah tersebut mungkin lebih banyak, karena puluhan orang masih hilang.

Dalam wawancara dengan Sky News yang disiarkan pada Selasa, pemimpin senior Hamas, Khaled Meshaal, mengatakan bahwa kelompok tersebut akan membebaskan semua sandera mereka sebagai imbalan atas penghentian pemboman Gaza.

Halaman Selanjutnya

Lifshitz mengatakan kepada wartawan: “Saya telah melalui neraka, saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan mencapai kondisi seperti ini. Mereka (Hamas) mengamuk di kibbutz kami dan membawa saya menggunakan sepeda motor.”

Halaman Selanjutnya