Berita  

Luhut Menunjukkan Dukungan untuk Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Luhut Menunjukkan Dukungan untuk Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Kamis, 26 Oktober 2023 – 05:05 WIB

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan selamat kepada tiga pasang calon Presiden dan calon Wakil Presiden RI yang telah mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Padahal, Luhut sedang dalam perawatan di rumah sakit daerah Singapura.

“Dengan rasa bangga, saya ingin mengucapkan selamat kepada sahabat baik saya, Pak Mahfud MD, yang kini resmi berdiri sebagai pendamping bagi Mas Ganjar. Tak lupa, rasa hormat saya sampaikan untuk Mas Anies dan Cak Imin yang kini juga telah berdiri di garis start pemilihan,” kata Luhut dikutip dari Instagram pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Namun, Luhut memberikan perhatian khusus terkait bersatunya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden RI 2024. Menurutnya, sosok Prabowo-Gibran merupakan perpaduan sempurna.

Sepanjang puluhan tahun pengalamannya dalam mengarungi gelombang politik negara ini, Luhut memahami betul bahwa setiap keputusan yang diambil dalam arena politik selalu didasari oleh pertimbangan mendalam. Hal ini pun berlaku pada keputusan Prabowo dan Gibran.

“Ketika melihat keduanya dideklarasikan sebagai pasangan Capres dan Cawapres, gambaran yang muncul di benak saya adalah simbiosis antara kebijaksanaan dan energi baru yang terpadu dengan sempurna,” kata Luhut.

Menurut dia, Indonesia memang bukan hanya kaya akan sumber daya alamnya saja. Akan tetapi, kata dia, negeri ini juga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang banyak sehingga perlu kombinasi dengan generasi penerus bangsa.

“Negeri kita, yang kaya bukan hanya dari sumber daya alam, tetapi juga dari potensi besar generasinya, membutuhkan sinergi antara kebijaksanaan dari pengalaman dan inovasi generasi muda,” ujarnya.

Disamping itu, Luhut mengatakan dalam jejak sejarah, persatuan dan kolaborasi telah terbukti sebagai kunci kemajuan bangsa. Hal ini pula yang ia lihat dari pasangan Prabowo-Gibran.

“Simbol harapan untuk Indonesia Maju, sebuah sinergi antara persatuan dan percepatan untuk meneruskan pembangunan berkelanjutan yang sedang kita persiapkan saat ini,” jelas dia.

Luhut menekankan pentingnya semangat rekonsiliasi yang telah dicontohkan oleh Jokowi dan Prabowo. Tentu, Luhut meyakini rakyat tidak ingin kembali melihat terbelahnya masyarakat seperti di beberapa Pemilu lalu.

“Pelajaran dari pandemi COVID-19 dan tantangan lain seperti kondisi geopolitik global, sekali lagi membuktikan bahwa persatuan adalah kebutuhan mutlak kita,” ungkapnya.

Menurut dia, rekonsiliasi antara Presiden Jokowi dan Prabowo telah memberikan banyak dampak positif bagi bangsa, sesuatu yang juga diakui oleh dunia internasional. Maka, adalah hal yang wajar jika simbol persatuan ini perlu untuk dilanjutkan.

“Saya meyakini, kerja sama yang baik antara Pak Prabowo dan Mas Gibran akan membuat Indonesia semakin dekat dengan masa keemasannya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilpres 2024. Prabowo pun mengklaim kalau berkas pendaftarannya sudah lengkap ke KPU.

Hal tersebut dikatakan Prabowo ketika memberikan sambutan usai mendaftar di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 25 Oktober 2023.

“Diantar oleh ketua umum ketua umumnya, dan secara resmi kita telah mendaftar sebagai capres dan cawapres RI. Dan tadi ketua KPU menyatakan bahwa berkas kita dinilai lengkap,” ujar Prabowo.

Prabowo berterima kasih kepada seluruh Ketua Umum Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang telah mengantarkannya ke kantor KPU. Kemudian, dia meminta maaf kepada seluruh warga DKI Jakarta yang harus terdampak ketika hendak mendaftar ke KPU.

“Kami ucapkan terima kasih pada semua unsur yang telah kerja keras mengantarkan kami ke sini. Kami mohon maaf kepada seluruh rakyat Jakarta mungkin membuat macet karena antusiasme pendukung-pendukung kami pada siang ini,” kata Prabowo.